Sulit mendengar(kan)

atuki

Beberapa hari ini telinga kiri saya mengalami penurunan fungsi pendengaran, hahaha jangan-jangan ada kotoran mampet yak. Telinga saya emang begini sih. Naik angkot pun kadang sampe ketorekan. Selama beberapa hari ini saya harus lebih jeli mendengarkan orang bicara. Contohnya pas saya lagi menjemur baju bareng mama saya. Saat kami mulai berjarak sekitar 1,5 meter, mama saya mengatakan sesuatu pada saya dan saya hanya bisa melongo. Mama saya pun mengulangi perkataannya karena tau sejak kemarin telinga saya lagi kenapa kenapa yang belum diketahui karena karenanya. Saya pun menjawab. Apa yang terjadi? Mama saya malah tertawa. Ternyata jawaban saya gak nyambung. Ckckckckck

Saya jadi teringat pada sebagian besar anak-anak saya di sekolah.Mereka disabilitas pendengaran. Kemampuan mendengar mereka berbeda dengan orang-orang pada umumnya, sehingga jika belum terbiasa, kemungkinan akan perlu waktu lebih untuk berkomunikasi dengan mereka. Nah, yang menjadi kegundahan saya adalah: saya mendengar, tapi saya sering tidak menggunakan pendengaran saya dengan semestinya.

Maksudnya, saya hanya menjadikan proses mendengar itu sebagai aktivitas yang biasa-biasa saja. Saya hanya mendengar, tapi tidak mendengarkan. Ada kalanya hanya bersikap seolah-olah mendengarkan, padahal fokus entah kemana.

Di sisi lain, saya berbeda dengan sebagian anak-anak saya yang saat teman-temannya bicara, mereka betul-betul berkonsentrasi. Tiap-tiap mereka biasanya bergiliran berbicara. Bukankah itulah yang dinamakan mendengarkan yang sebenarnya?

 

Satu pemikiran pada “Sulit mendengar(kan)

  1. Ping balik: Merasa Sama | ispasier

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s