Bagaimana Awal Mula Aku Sadar untuk Belajar Bahasa Indonesia? (Pengalaman Teman Tuliku)

Sekarang aku sudah tidak beraktivitas di sekolah. Nah, di tempat kerjaku yang baru, pekerjaanku masih berhubungan dengan tuli. Salah satu klien di sini mempunyai tata bahasa yang lumayan teratur saat menulis. Mungkin ini mirip kesadaran kang Billy (ketua gerkatin jabar) untuk belajar Bahasa Indonesia di waktu mudanya. Dulu kang Billy juga pernah cerita ke salah … Lanjutkan membaca Bagaimana Awal Mula Aku Sadar untuk Belajar Bahasa Indonesia? (Pengalaman Teman Tuliku)

Merasa Sama

Malam ini aku pengen cerita tentang pendengaran. Bukan pendengaran orang lain, melainkan aku hahaha. Entah udah berapa orang yang negur aku karena gak nyapa mereka, ataupun gak ngewaro saat mereka sapa. Bukan karena gak mau ya ampun. Ngapain juga pura-pura ga lihat dan gak denger, tapi emang itulah keadaannya. Mata aku agak bolor tapi masih … Lanjutkan membaca Merasa Sama

Tentang membaca ini dan itu

Hari ini aku baru aja memenuhi panggilan interview di Cimahi. Ada hal yg menarik, karena suasana saat interview berasa lagi diskusi sama anak-anak DKM. Jadi terkenang masa SMA duh, umuuuur. Pertanyaan-pertanyaan yg dilontarkan akang pewawancara (aku mau nanya balik pas abis memperkenalkan diri tp tiba-tiba aja mulutku belibet dong wkwkwk pas jawab pertanyaan beliyo aja … Lanjutkan membaca Tentang membaca ini dan itu

Kutukan Kata

Setelah lelah beradu argumen, kuputuskan untuk menukar Saat dengan Ketika. Tak pelak lagi, Saat iri. "Kenapa aku harus digantikan olehnya? Kau harusnya tau! Aku dan dia punya makna yang sama untuk hidupmu!" bentak Saat. "Nah, lalu apa masalahnya? Baru saja kamu mengakui tak ada bedanya kan? Itu berarti hasilnya pun tidak akan berbeda jauh, bahkan bisa jadi sama persis. Dasar bawel!" kataku menyudahi perdebatan sambil menyimpan sebutir debu di akhir kalimat.

Cuap-cuap

Dilahirkan tentu bukan pilihan, makanya ada orang yang membuat pilihan lain, mati. Ah, kata siapa? Jangan-jangan, dulu tuhan menawarkan kehidupan padaku dan aku memilihnya. Jangan-jangan, dulu ada lelang kehidupan bagi para roh sepertiku-saat itu- dan aku adalah salah satu yang paling ngotot untuk mendapat kesempatan itu. Ngomong-ngomong tentang hidup, apa kabar si sekian ekor-jika aku … Lanjutkan membaca Cuap-cuap

Aku Ini Tak Mendengar, Bukan Tak Mau Mendengarkan

Pernahkah kamu mendengar sebuah lagu, lalu kenangan tentang sesuatu menyusup ke kepalamu? Kadang kamu bingung apa kaitan antara lagu itu dengan memori yang datang, tapi itu jarang menjadi soal. Kamu menikmati rasanya mengenang, entah itu ditemani tawa, lamun, tangis, atau kegiatan sehari-hari yang tetap kamu kerjakan seperti biasa. Mungkin begitulah pengalamanmu, dan itu tak pernah … Lanjutkan membaca Aku Ini Tak Mendengar, Bukan Tak Mau Mendengarkan

Sulit mendengar(kan)

Beberapa hari ini telinga kiri saya mengalami penurunan fungsi pendengaran, hahaha jangan-jangan ada kotoran mampet yak. Telinga saya emang begini sih. Naik angkot pun kadang sampe ketorekan. Selama beberapa hari ini saya harus lebih jeli mendengarkan orang bicara. Contohnya pas saya lagi menjemur baju bareng mama saya. Saat kami mulai berjarak sekitar 1,5 meter, mama saya mengatakan … Lanjutkan membaca Sulit mendengar(kan)